Rabu, 18 Januari 2012

Indonesia Peringkat 4 Dari 10 Negara Dengan Korban Terbanyak Saat Perang Dunia Ke 2




Awal mula kenapa saya menulis blog ini, karena sebelumnya saya sudah nonton film The Pacific, (kalo ada yg belum tau atau belum nonton, the pasific ini film miniseri (10 episode) tentang perang dunia II di daerah pasifik yang berakhir dengan menyerahnya jepang ketangan sekutu.

Setelah nonton, saya jadi penasaran dengan berapa banyak jumlah korban warga sipil Jepang yang tewas akibat dari bom atom dan sepanjang perang dunia ke-2. Saya nemuin kalo warga sipil Jepang yang gugur sebanyak 600 Ribu jiwa.ini bukan jumlah yang sedikit.

Yang bikin saya kaget, saya juga nemu kalo sepanjang Perang Dunia ke-2 Negara kita merupakan Negara terbesar ke-4 dengan jumlah korban warga sipil sebanyak 4 Juta Jiwa. Dengan perkiraan jumlah penduduk saat itu 75 Juta jiwa. ini juga bukan jumlah yang sedikit.

Miris saya kalo membayangkan kehidupan rakyat Indonesia sebelum merdeka, mereka tidak bisa sesenang seperti hidup kita sekarang, mungkin hampir sama dengan kehidupan warga2 negara yang belum merdeka saat ini, contohnya hampir sama dengan negara Palestina mungkin...!!

Tapi saya juga bersyukur, saya lahir dan hidup setelah negara kita merdeka, tidak susah seperti dulu, walaupun kata orang negara kita belum merdeka dari kemiskinan, saya tetap saja bangga jadi warga Indonesia tercinta, tinggal bagaimana saya bisa membuat Indonesia yang bangga sama saya. he he. Walaupun itu susah dan perlu kerja keras bagi saya, saya mau mulai saja dari lingkungan saya sendiri (keluarga), supaya keluarga saya bangga sama saya, keinginannya seperti itu sih walopun sekarang belum terpenuhi sepenuhnya (koq jadi jadi curhat nih )

Balik lagi perang dunia ke-2, dengan besarnya perang tersebut pastinya juga ikut membawa korban dengan yang jumlah besar. Berikut ini daftar 10 Negara Terbesar dengan jumlah korban warga sipil terbanyak (jiwa)
Quote:
1. Uni Soviet ± 12,5 Juta
2. China ± 7 Juta
3. Polandia ± 5,2 Juta
4. Indonesia ± 4 Juta
5. Jerman ± 2 Juta
6. India ± 1.5 Juta
7. Indocina Perancis (Vietnam, Kamboja, Laos) ± 1 Juta
8. Jepang ± 600 Ribu
9. Yugoslavia ± 500 Ribu
10. Perancis ± 260 Ribu
Sedangkan Negara-negara dengan jumlah korban tentara terbanyak (jiwa)
Quote:
1. Uni Soviet ± 10.7 Juta
2. Jerman ± 5.5 Juta
3. Cina ± 3 Juta
4. Jepang ± 2 Juta
5. Yugoslavia ± 446 Ribu
6. Amerika Serikat ± 407 Ribu
7. Polandia ± 400 Ribu
8. Inggris ± 382 Ribu
9. Rumania ± 316 Ribu
10. Italia ± 306 Ribu
11. Hungaria ± 300 Ribu
12. Perancis ± 212 Ribu
Lihat daftar di atas, negara kita pada posisi ke 4 sebelum negara-negara lain.

Penulis: Johan Kamil
 
Mudah-mudahan bermanfa'at bagi saya pribadi dan bagi para pembaca pada umumnya.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar